8 Fakta Perkembangan Radio Yang Harus Kalian Ketahui

8 Fakta Perkembangan Radio Yang Harus Kalian Ketahui

8 Fakta Perkembangan Radio – Radio adalah salah satu elektronik yang mudah dan sering kita temui di jaman modern ini. Penggunaannya yang mudah yang dimana kalian hanya perlu menekan tombol “On” menjadi alasan barang elektronik masih banyak disukai dan eksis hingga saat ini.

Biasanya orang orang di jaman modern ini mendengarkan radio menggunakan smartphone yang mereka miliki. Namun cukup berbeda sebelum memasuki di abad ke 20.

Kala itu penemu dan insinyur asal Italia, Guglielmo Marconi, mulai berkesperimen dengan teknologi dengan menciptakan radio pertama. Penemuannya tersebut membuktikan jika radio juga mampu terpancar melintasi Samudera Atlantik.

8 Fakta Perkembangan Radio

Itu merupakan salah satu dari sekian banyak fakta menarik dari perkembangan radio hingga saat ini. Berikut ini kami akan coba memberikan setidaknya 8 fakta menarik perkembangan radio yang harus kalian ketahui.

Diciptakan Oleh Guglielmo Marconi

8 Fakta Perkembangan Radio

Guglielmo Marconi kala itu telah berhasil mengirim dan menerima sinyal radio pertamanya di Italia pada tahun 1895. Di tahun 1899 , ia mengirim sinyal nirkabel melewati Selat Inggris.

2 tahun setelahnya yaitu di tahun 1901 , Guglielmo Marconi kembali mengirimkan kode “S” dari Inggris menuju Kanada. Ini adalah pesan telegram radio trans-Atlantik pertama yang berhasil dibuat.

Pengembangan Reginald Fessenden

Di tahun 1900 , Reginald Fessenden mencoba mengirim pesan suara pertama di dunia. Mulai saat itu, dirinya terus mengembangkan penemuannya hingga tepatnya di hari Natal 1906 , Ia berhasil membuat siaran radio pertama dalam sejarah.

Lee DeForest Menciptakan Radio

Di tahun 1907 , Lee DeForest telah mematenkan penemuannya yang berupa perangkat elektronik yang bernama audio. Penemuannya tersebut membuat gelombang radio meningkat saat diterima dan memungkinkan manusia mendengarkan berbagai jenis suara dengan jelas.

Stasiun Radio Pertama

Pada 20 Agustus 1920, Detroit MI 8MK atau yang saat ini dikenal dengan nama WWJ 950 AM berhasil mengudara sebagai stasiun radio pertama di Amerika Serikat. Pada awalnya stasiun ini menyiarkan siaran berita mengenai olahraga dan keagamaan.

Siaran Komersial Pertama

Pada 2 November 1920 , KDKA Pittsburgh berhasil membuat siaran komersial pertama di Amerika Serikat. Bertempatkan kan di Pittsburgh , Pennsylvania , Amerika Serikat , stasiun radio ini berhasil mencatatkan diri sebagai stasiun radio komersial pertama di dunia.

Stasiun radio yang mengudara pada sore hari ini menyiarkan lagu dan informasi yang berkembang pada saat itu.

Edwin Armstrong Menciptakan FM Radio

Penemu sekaligus Insinyur Elektronik Amerika Serikat , Edwin Armstrong , berhasil menemukan radio FM di tahun 1933.

Pekerjaan Edwin Armstrong pada modulasi frekuensi atau FM meningkatkan sinyal audio dengan mengendalikan kebisingan statis yang disebabkan oleh peralatan listrik dan atmosfer bumi.

Namun karena gagal mendapatkan hak paten FM yang diperjuangkannya selama bertahun tahun , dirinya frustasi hingga memutuskan bunuh diri di tahun 1954.

Radio Mobile Pertama

Radio pertama sebenarnya sudah ada sejak tahun 1930-an. Kala itu Motorola , berhasil menawarkan radio mobile pertama yang dihargai sekitar 130 dollar.

Radio Satelit

Radiot satelit dimulai ketika FCC mengalokasikan spektrum untuk penyiaran nasional Layanan Radio Audio Digital berbasis satelit di tahun 1992.

Dari empat perusahaan yang mengajukan lisensi penyiaran , hanya dua dari mereka (Sirius dan XM) menerima persetujuan untuk menyiarkan pada 1997. Akhirnya keduanya kemudian bergabung untuk membentuk Sirius XM Radio pada tahun 2008.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *